About

Siapa Kami?

Komunitas Gayam16

Komunitas Gayam16 adalah kolektif seniman Jawa yang juga menjadi, seiring waktu, tempat pertemuan di Yogyakarta untuk semua musisi bergairah tentang Gamelan (mereka menyebut diri mereka Pecinta Gamelan!).

Kegiatan utama dari Gayam16 berhubungan dengan mengorganisir acara sekitar musik gamelan, memproduksi acara melintasi musik tradisional Jawa dan musik kontemporer Barat (rock, jazz, kontemporer, elektro dll …) serta mengajar gamelan.

Tempat kerja Gayam 16 terletak di jantung Yogyakarta. Gayam16 diciptakan oleh musisi dan komposer Sapto Raharjo. Ide Sapto adalah, dari awal, untuk membuka budaya Jawa tradisional, terutama gamélan, di dunia. Dia membayangkan semua jenis kolaborasi, pengalaman dan pertemuan musik dengan musisi dari seluruh dunia. Sapto Raharjo telah memahami dengan sangat baik bahwa tidak ada masa depan untuk gamelan jika budaya musik ini tetap terkunci dalam tradisi.

Kegiatan Gayam16

Gamelan, bermusik dan berbudaya

Berkumpulnya Pecinta dan musisi Gamelan yang memainkan gamelan dari seluruh dunia dalam acara tahunan yang berjudul Yogyakarta Gamelan Festival adalah salah satu yang menarik dari kegiatan Gayam16.

Sejak penciptaannya, Gayam16 adalah kolektif yang terbuka dan independen. Ini menyambut siapa pun dari latar belakang sosial, budaya dll. Sejak tahun 2002, Gayam16 merekrut setiap sukarelawan setiap tahun untuk memastikan penyelenggaraan Yogyakarta Gamelan Festival. Berkat kebebasan bertindak dan modus organisasi kolektifnya, Gayam16 terus berkembang. Visi Gayam16 didasarkan pada gagasan ingin mengembangkan budaya Jawa tradisional yang selalu berhubungan dengan modernisasi. Bagi Gayam16, gamelan adalah properti budaya yang keberadaannya layak dipertahankan bukan hanya karena nilai intrinsiknya. Gamelan tidak hanya dipertimbangkan di bawah aspek musik, tetapi juga mewakili dan terutama semangat, dan sarana komunikasi.